Pages

Senin, 16 Agustus 2010

Menulis Dalam Kepala

Melanjutkan artikel Enaknya Menjadi Penulis. Hari ini anda menyiapkan beberapa peralatan yang diperlukan sesuai dengan profesi penulis (pengarang). tentu anda harus punya mesin tulis, bahkan anda malah punya komputer. tetapi kali ini anda tidak harus langsung mengetik dengan mesin tulis atau komputer. di hari ini anda hanya memerlukan:


  1. alat tulis semacam pulpen atau ballpoin atau semacamnya.
  2. kertas putih polos atau bergaris.
setelah itu peralatan itu siap, mulailah menulis dalam kepala anda, atau yang biasa disebut mapping mind. caranya? anda mengajukan pertanyaan kepada diri anda sendiri.
  1. saya akan menulis apa?
  2. untuk siapa saya menulis?
  3. apa isi (obyek) tulisan saya?
segera tulis jawaban secara berurutan.

jawaban:

  1. saya akan menulis fiksi: cerpen, novela, novel, sandiwara (pilih salah satu)
  2. saya menulis untuk anak-anak, remaja, orang dewasa (pilih salah satu) saya mnulis untuk lapisan bawah, menengah, atas (pilih salah satu)
  3. isi (obyek) tulisan saya adalah: penderitaan manusia, perjuangan hidup, kepahlawanan, asmara, pengembaraan, keberhasilan, kebahagiaan, kebencian, dendam, kekecewaan, keputusaasaan, penyesalan, nilai-nilai kemanusian. keadilan, kesia-siaan, pengorbanan, kepiluan, keagamaan, dasb. (pilih salah satu atau campuran lebih dari satu) 
Artikel selanjutnya Menulis Fiksi

    0 komentar:

    Posting Komentar