Pages

Rabu, 08 September 2010

Menulis Novel 15

Melanjutkan artikel Menulis Novel 14. Hari ini Anda menulis novel Bagian X. Isinya: Pertemuan kembali Herman, sang suami, dengan Carla, sang istri. Carla memohon maaf kepada suaminya atas kehilafannya. Herman menjawab, tidak ada yang perlu dimaafkan, sebab tidak ada yang perlu disalahkan. Herman bilang, adalah hak setiap ibu untuk kembali kepada anai-anaknya.



harap diingat, bagian X ini adalah bagian terakhir (ending) dari novel Anda. Bagian ini perlu dibuat sedemikian rupa, seserius mungkin, agar meninggalkan kesan yang mendalam di hati sanubari semua pembaca.

Obyek terutama yang perlu Anda ceritakan ialah:

  1. Pertemuan lengkap keluarga: Papa (Herman), Mama (Carla), Rico, Richard dan Nancy di rumah kontrakan tempat tinggal keluarga itu.
  2. Kepergian Herman, setelah menyerahkan segala harta miliknya, kepada istri dan anak-anaknya.
Dialog yang penting, misalnya, begini:

Herman: Saya bersyukur, Mama sudah kembali. Anak-anak sangat kehilangan. Kalau aku sendiri, sudah tau. Sisa hidup tinggal sedikit lagi. Tapi pikur dulu, nanti mau pergi lagi apa tidak. Mau pergi lagi silakan, tetapin berarti anak-anak akan dua kali kehilangan ibunya. Membuat sengsara saya, tak masalah. tetapi jangan sengsaakan anak=anak yang lahir dari perut mama sendiri.

Carla: (Tidak mampu bicara, malu, merasa bersalah, merasa berdosa).

Nancy: Saya tidak mau tinggal di sini. Saya mau tinggal d asrama perusahaan.

Herman: Tidak jadi masalah. Tapi sebaiknya kau cari sewaan yang kecil, bersih. Bungsu, kau akan tinggal bersama papa. Aku tahu kau terlalu sayang Papamu, bukan?

Rico: Jadi, papa akan tingalkan kami di sini?

Herman: bukan, bukan begitu. Aku serahkan segalanya pada Mama. Mama, Rico, Richard tinggal di sini. Uruslah warung tendamu yang laris itu. Papa menjaga Nancy, adik kalian satu-satunya. Nancy itu gadis yang baik hati seperti kedua abangnya. Cuma, kalau ia terluka jiwanya, terlukan perasaanya dia bisa bunuh orang. Apa kalian ingin terjadi seorang gadis cilik membunuh ibu kandungnya sendiri

Selanjutnya, terserah Anda untuk mengembangkan novel ini dengan bahasa dan gaya Anda sendiri. Ingat, Anda bebas untuk menjadi diri sendiri, tanpa harus mengikuti selera orang lain. Selamat, atas selesainya novel Anda!
Artikel selanjutnya. Editing

0 komentar:

Posting Komentar