Pages

Minggu, 29 Agustus 2010

Berlatih Membuat Pembukaan Novel 4

Melanjutkan artikel Berlatih Membuat Pembukaan Novel 3. Setelah berkenalan dengan sastrawan Prancis Albert Camus, meski hanya lewat pembukaan novelnya, Anda akan berkenalan dengan novelis dari Mesir, Naguib Mahfous. Pembukaan ini dicuplik ari novelnya yang berjudul Pengemis, yang diterjemahkan dari Bahasa Inggris, The Beggar. Penerjemah dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia adalah Iskandar Thamrin.




Gugusan awan putih berarak di kebiruan langit memayungi padang hijau yang luas di mana sapi-sapi merumput dengan tenteramnya. Tak suatu apa pun yang menandai tempat itu. Di latar depan seorang bocah, yang menunggang kuda kayu menatap ke kaki langit, senyum samar misterius terbias di matanya. Omar bertanya-tanya dengan malas siapa gerangan pelukis gambar itu ketika ia duduk sendirian di ruang tunggu.


Hampir tiba waktunya pada janji konsultasi yang ia buat sepuluh hari sebelumnya. Meja di tengtah ruangan dipenuhi koran dan majalah yang bertebaran: terjuntai di tepi meja adalah foto seorang wanita yang dituduh menculik anak-anak, ia kembali berpaling memuaskan dirinya dengan lukisan itu- padang rumput, sapi-sapi, seorang bocah, kaki langit. Kendati lukisan itu tidak terlalu bernilai kecuali bingkai emas berornamennya. ia menyukai bocah yang nampak tengah mencari-cari sesuatu, sapi-sapi yang tenteram.


Tetapi kondisi kesehatan makin memburuk, kelopak matanya berat dan detak jantungnya melemah. Si anak menatap ke horison, dan betapa ketatnya kaki langit memeluk bumi, rapat ke bumi dari sudut pnglihatan mana pun orang memandangnya.

Catatan:

Pembukaan Naguib Mahfous itu melukiskan keadaan alam. Namun situasi itu bukan diangkat dari alam langusng, melainkan dari sebuah lukisan yang berbingkai emas berornamen. Dari pembukaan itu, kita tahu ada seorang pelaku bernama Omar, yang sedang sakit dan kesehatannya makin memburuk

Saran:

Tulislah pmebukaan itu dengan bahasa Anda sendiri, secara bebas. Panjang tulisan terserah Anda. Kalau bisa lebih ringkas lagi.
Artikel selanjutnya Berlatih Membuat Pembukaan Novel 5

0 komentar:

Posting Komentar