Pages

Jumat, 03 September 2010

Berlatih Membuat Pembukaan Novel 5

Melanjutkan artikel Berlatih Membuat Pembukaan Novel 4. Kini saatnya Anda berkenalan dengan pembukaan novel Milan Kundera yang berasal dari Cekoslovakia. Judul novelnya Entengnya Kehidupan. Judul Bahasa Inggrisnya Unbearable LOghtness of Being. Penerjemah ke dalam Bahasa Indonesia adalah John de Santo. Silahkan baca dengan seksama.



Gagasan mengenai proses perulangan abadi adalah sebuah gagasan yang misterius dan Nietze sering membingungkan filsuf lain dengan gagasan: berpkir bahwa segala sesuatu berulang, seketika kita mengalaminya, dan perulangan berlangsung secara ad infinitum! Apakah arti dari mitos gila ini?


Secara negatif, mitos mengenai peulangan abadi menyatakan bahwa suatu kehidupan yang pernah hilang, sekali untuk selamanya, yang tidak kembali itu, seperti sebuah bayangan, tanpa bobot, tanpa kematian yang menuggu, dan pertanyaan mengenai apakah kehidupan itu mengerikan, indah atau suci; kengerian, kesucian dan keindahannya tidak berarti apa-apa.


Kita tidak perlu mengingatnya lagi, seperti sebuah perang antara dua kerajaan di Afrika yang tidak mengubah sedikit pun nasib dunia, meskipun ada ratusan ribu orang negro yang tersiksa dan terbunuh secara mengerikan.

Catatan:

pengantar novel Milan Kundera itu langsung kepada masalah filsafat, bukan lukisan alam atau suasana hati seseorang. Filsafat adalah masalah yang sulit dan filsafat Friedrich Nietze termasuk yang paling sulit dipahami.

Saran:

Jika Anda tertarik soal filsafat, Anda bisa mengembangkan minat filsafat itu lebih jauh, juga akan berguna untuk novel Anda kelak.
Jika Anda tidak tertarik soal filsafat Anda bisa melupakannya untuk sementara ini. Namun perlu diingat sastra erat hubungannya dengan filsafat, langsung atau tidak langsung
Artikel selanjutnya Menulis Novel

0 komentar:

Posting Komentar