Pages

Jumat, 03 September 2010

Menulis Novel 1

Melanjutkan artikel Berlatih Membuat Pembukaan Novel 5. Hari ini Anda mulai menulis novel. Mulai dari mana? Bagaimana kalau Anda mulai dengan menulis ringkasan ceritanya? Misalnya begini: Ada seorang suami, masih relatif muda, tampan dan ganteng. Beri saja ia nama Herman. Istrinya bernama Carla (baca: Karla). Herman bekerja sebagai seorang pilot pesawat terbang.




Istrinya, Carla adalah seorang ibu muda, cantik bertubuh sintal dengan kulit mulus seperti porselen. Carla sudah menghadiahi suaminya tiga orang anak, dua lelaki dan seorang putri. Kedua putranya tampan seperti ayahnya, pytrinya cantik dan manis seperti ibunya, juga keramahan dan kelincahannya.

Pada suatu waktu, Herman diberhentikan dari pekerjaannya karena satu dan lain sebab. Sejak itu, ia kelihatan tertekan jiwanya, bahkan kemudian terkena stroke. Ia hanya bisa bergerak dengan pertolongan kursi roda.

Dalam keadaan seperti itu, Carla frostasi dan tidak tahu apa yang harus dilakukannya, menghadapi kemunduran ekonomi rumah tangganya. Pada suatu hari, Carla berjumpa dengan bekas kekasihnya, orang Amerika.

Pada saat kesehatan Herman makin mundur, Carla malah pergi ke Amerika atas ajakan bekas kekasihnya. Selanjutnya Carla menetap di Amerika dan tidak pernah kembali ke Indonesia.

Pada saat itu, kedua putranya, masih kuliah di perguruan tinggi. Rico kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB), dan richard kuliah di jurusan Film & Televisi di Institu Kesenian Jakarta (IKJ). Sementara itu, si bungsu Nancy masih duduk di sekolah lanjutan atas.
Artikel selanjutnya Menulis Novel 2

0 komentar:

Posting Komentar