Pages

Senin, 23 Agustus 2010

Ayo Terus Menulis

Melanjutkan artikel Menulis Novel. Pada hari ini jangan lagi ada sisa keraguan untuk menulis novel, sebab masa keraguan telah Anda lampaui dengan baik. Juga tidak perlu lagi ada pergunjingan dalam diri Anda, masalah ajar atau dasar. Anda erus belajar, artinya Anda terus menulis, terus berkarya. Masalah bakat? Lupakan saja! BAgaimana jika berbakat tanpa berbuat? Sebaliknya jika Anda menulis, mencipta, itu lebih positif. Bukankah setiap manusia punya ppotensi unutuk mencipta yang baik-baik dan yang indah-indah? Nah bakat itu artinya potensi untuk mencipta (kreatif)




Supaya Anda semakin percaya diri, langsung saja buat kerangka untuk novel Anda. Pembukaannya bagaiman, isinya tentang apa, lalu akhir cerita akan bagaiman. Semua terserah Anda sebagai penulis atau pengarang, Anda berhak mutlak untuk menentukan jalan ceritanya.

Jangan lupa, yang bakal Anda tulis adalah fiksi. Ramuannya? Inspirasi, ilham atau bisikan atau apa saja. Ditambah catatan tertulis dalam buku harian Anda, kalau punya. Jika tidak , ingatan Anda yang masih terang benderang juga berguna. Selain itu, pengalaman empiris yang mengesankan dalam hidup Anda juga merupakan ramuan yang bakal mendukung kekuatan tulisan Anda.

Masalah terpenting yang harus selalu Anda sadari Ialah, bahwa Anda akan bercerita tentang manusia. Maka mutu karya Anda sangat ditentukan oleh pangetahuan Anda tentang manusia. Jangan bimbang, sebab Anda sendiri manusai, dilahirkan manusia, bergaul dengan manusia, juga busa belajar banyak tentang manusia dari buku-buku.

Ingat, manusia seutuhnya, lengkap dengan pikirannya, perasaanya, cita-citanya, keyakinannya, pandangan hidupnya, mentalitasnya, kejujurannya, kecuranganya, kebaikannya, keburukannya, juga pengorbanan dan pengabdiannya kepada sesama dalam hidupnya di dunia.

Artikel selanjutnya Berlatih Menulis Pembukaan Novel.

0 komentar:

Posting Komentar