Pages

Senin, 06 September 2010

Menulis Novel 4

Melanjutkan artikel Menulis Novel 3. Hari ini apa yang akan Anda lakukan? tentu meneruskan rencana penulisan novel, bukan? Nah, pembukaan sudah Anda tulis. Lalu, apa lagi? Selanjutnya, buatlah perkiraan panjangnya novel. Mau berapa halaman? Mau 100, 200 atau 300 halaman ukuran kertas A4, dengan huruf Times New Roman 12, dengan satu setengah spasi? Ok. Untuk tahap pertama, sebaiknya seratus halaman (kurang atau lebih) cukuplah sudah.



Misalkan, 100 halaman itu dibagi dalam 10 bagian. Mka setiap bagian Anda hanya akan menulis sepuluh halaman. Sebagai pemula, sedikitnya Anda bisa menyelesaikan lima halaman dalam tempo satu hari. Maka dalam waktu 20 hari novelnya Anda sudah siap tinggal mengirimnya ke penerbit pilihan Anda.

Langsung sja, dibuat rincian isinya, misalnya begini:

Bagian I: Kepergian istri, meninggalkan suaminya yang sedang stroke dan ke tiga anaknya yang masih belajar.

Bagian II: Suami menjual rumahnya untuk berobat dan membiayai pendidikan anak-anaknya. Kemudian mereka pun pindah, tinggal di rumah sewaan.

Bagian III: Kesehatan Herman makin baik, kekuatan makin pulih. Kuliah Rico di ITB selesai dengan baik, kuliah Richard di IKJ lancar, mulai bisa cari duit dari sinetron, sebagai anggota crew film dan sebagainya.

Bagian IV: Herman sehat kembali, ia mulai keliling-keliling Ibukota mencari kenalan, relasi, mencari lowongan kerja. Tidak berhasil, lalu berpikir untuk jual makanan, membuka waring kecil di pinggir jalan dengan nama "Rica Bakar Murah Meriah".
Artikel selanjutnya Menulis Novel 5

0 komentar:

Posting Komentar