Pages

Rabu, 18 Agustus 2010

Mengembangkan Cerita Menjadi Alur 1

Melanjutkan artikel Proses Penulisan Fiksi. Hari ini Anda akan mengembangkan cerita agar meningkat menjadi alur. Kali ini giliran Anda melukiskan kelakuan sopir Busro, setelah mengantar majikannya pak Dirga ke kantornya. Begitu pak Dirga turun ia langsung memerintahkan sopirnya untuk segera kembali ke rumah. sebab, kata pak Dirga, mobil akan di pakai oleh istrinya, Nyonya Vony.




Begitu jarak sudah menjauh dari kantor majikannya, Busro menyalakan geretan, membakar rokok dan menghisapnya dalam. Ia tahu pak Dirga tidak pernah merokok dalam mobilnya. Sebab AC mobil selalu menyala, dan pak Dirga memang tidak pernah merokok sama sekali. Busro berlaku seolah-olah mobil itu miliknya sendiri.

Setelah menyalakan rokok, Busro segera menyetel musik keras-keras. Sambil berkendara, ia pun laju menyedot asap rokoknya dan kepalanya bergerak-gerak mengikuti irama musik yang mangalun dengan nyaringnya.

Ketika sampai di daerah perbukitan sudah dekat Beverly Hill, perumahan mewah di selatan Jakarta itu, Busro menghentikan mobilnya lalu parkir di pinggiran jalan raya. Ia menutup rapat kaca mobilnya, mematikan musik tanpa mematikan mesin dan AC mobil. Lalu ia pun mulai menikmati istirahatnya, meemjamkan mata, entah tidur atau tidak, tetapi mesin hidup terus agar AC-nya tetap menyala.

artikel selanjutnya Mengembangkan Cerita Menjadi Alur 2

0 komentar:

Posting Komentar